albyzack's Blog

Just another WordPress.com weblog

200 Taksi Singapura Promosikan Sulsel

MAKASSAR, KOMPAS.com – Sebanyak 200 unit taksi di Singapura dikontrak oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan menaruh gambar dan slogan yang mempromosikan Sulsel di negara tersebut.

Gambar gubernur dipasang sebagai pembeda sehingga orang akan bertanya-tanya, siapa itu dan akan memancing keingintahuan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel, Irman Yasin Limpo di Makassar, Kamis (10/6/2010) mengatakan tema slogan yang dipasang di alat transportasi publik tersebut antara lain berisi “Visit South Sulawesi 2012”, potensi investasi dan lain-lain.

“Gambar gubernur dipasang sebagai pembeda sehingga orang akan bertanya-tanya, siapa itu dan akan memancing keingintahuan,” katanya.

Taksi-taksi ini diharapkan diluncurkan mulai 2 Juli 2010. “Saya harap gubernur bisa melakukan peluncurannya secara langsung dan kita upayakan juga Perdana Menteri Singapura ikut serta,” katanya.

Ide kreatif ini muncul karena Singapura dikenal sebagai salah satu pusat perekonomian dunia dan akan menjadi media promosi yang efektif dibandingkan pameran yang kemungkinannya kecil untuk dilihat banyak orang.

“Hampir semua ada di Singapura, di sana ada Disneyland terbesar di dunia dengan potensi kunjungan dua juta per bulan dari pada pameran yang pengunjungnya sedikit. Saya amat yakin  promosi seperti ini akan efektif,” ujar Irman.

Potensi manusia yang besar dan heterogen ini kemudian menjadi dasar pemerintah daerah memilih cara berpromosi di luar negeri seperti ini selain karena anggarannya yang tidak besar yaitu Rp 200 juta.

“Kita sudah kontrak selama satu tahun. Ke depan kita akan lihat efeknya jika cukup berhasil kita akan pertimbangkan dengan melakukan survei pasar untuk dilanjutkan,” jelasnya.

Menanggapi cara promosi unik ini Ketua DPRD Sulsel, Muhammad Roem menilai hal ini adalah cara yang bagus untuk berpromosi. “Singapura itu tempat belanja, berobat dan melancong orang Indonesia, paling tidak yang kesana adalah pengusaha. Orang Indonesia juga banyak yang belum pernah ke Makassar,” katanya.

Selain bagus untuk menggaet wisatawan, cara ini juga dapat membuka peluang bagi perkembangan ekonomi daerah. “Saya kira untuk tahap pertama sudah cukup, kita lihat nanti perkembangannya,” kata Roem.

Juni 10, 2010 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: