albyzack's Blog

Just another WordPress.com weblog

Virus DBD

Siklus lima tahunan Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali mewabah di Indonesia. Sejak Januari hingga Februari lalu, data dari Departemen Kesehatan RI mencatat virus nyamuk Aedes aegypti ini telah menyerang lebih dari 12.294 penderita demam berdarah di Indonesia, 247 di antaranya meninggal dunia. (Kompas, 28 Februari 2004)

DKI Jakarta tercatat sebagai daerah endemi dengan jumlah korban terbanyak. Ironisnya, penyakit ini tidak pandang bulu. Yang kaya, miskin, tua, muda, anak-anak, maupun bayi menjadi sasaran nyamuk dengan badan berbintik putih ini.

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang penderitanya mengalami demam tinggi akibat infeksi virus nyamuk Aedes aegypti (senang bersarang di dalam rumah) maupun Aedes albopictus (nyamuk kebun). Begitu ganasnya virus dengue ini, sehingga bila lambat penanganannya akan berakibat fatal.

Perjalanan Sang Virus
Bagaimana virus dengue itu bisa sampai ke tubuh seseorang? Nyamuk Aedes aegypti-lah yang membawa virus tersebut, setelah sebelumnya menggigit penderita demam berdarah. Secara lengkap siklus perjalanan virus berlangsung dalam tubuh manusia dan nyamuk itu sendiri.

Di dalam tubuh manusia berawal dari masuknya virus ke tubuh manusia melalui liur nyamuk. Virus ini kemudian berkembang dalam tubuh, misalnya di kelenjar getah bening dan hati. Selanjutnya virus menyebar melalui aliran darah untuk menginfeksi sel darah putih dan jaringan getah bening lainnya.

Dalam tubuh nyamuk itu sendiri, virus berkembang biak dalam usus, indung telur, jaringan saraf dan lemak tubuh nyamuk. Selanjutnya virus berkembang biak dalam kelenjar liur, dan jika nyamuk menggigit manusia maka siklus transmisi akan berlanjut. Virus itu berasal dari nyamuk yang menelan darah penderita. (yz/sumber: info Sehat)

Juni 2, 2010 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: